Senin, 28 September 2009

Animasi Jepang VS Animasi Amerika

Program televisi kenangan masa lalu terdiri dari sebagian besar dari pendidikan besar acara seperti Sesame Street dan The Friendly Giant, tetapi juga terdiri dari kartun klasik tahun 1980-an seperti Transformers dan GI Joe. Menyebutkan kedua kartun untuk orang lain di akhir usia belasan atau awal dua puluhan dan wajah mereka akan menyala, mengenang pada menyenangkan mereka tumbuh dengan tindakan tersebut / petualangan menunjukkan. Namun, mintalah setiap orang dewasa pada usia empat puluhan atau lima puluhan tentang acara-acara ini dan mereka akan menjawab dengan "Semua kekerasan di TV ... apa malu." atau "Maaf, aku tidak menonton mereka kiddie shows." Ini adalah tanggapan khas di Amerika, di mana animasi telah berkembang menjadi sebuah industri bertujuan, lebih atau kurang, pada anak-anak. Di Jepang, hasil yang sama sekali berbeda telah terjadi dalam evolusi dari industri animasi Jepang, di mana penonton utama terdiri dari orang berusia satu sampai seratus. Tujuan saya dalam penulisan ini adalah untuk membandingkan dua dan berusaha untuk alasan mengapa mereka telah berevolusi mereka seperti yang mereka lakukan.
Sebagian besar dari kita akan mengingat era Disney Steamboat Willie diawali dengan pendek, memperkenalkan karakter Mickey Mouse. Animasi dikembangkan di seluruh bagian awal abad ke-murni dalam bentuk klip pendek 6-8 menit, baik dari Warner Brothers dan Disney studio, dengan panjang aneh-fitur lengkap seperti Snow White. Kebanyakan dari celana pendek ini dirancang untuk menjadi komik, untuk menghibur para penonton melalui dagelan komedi dan kejenakaan di mana karakter bisa dipotong menjadi dua dan kemudian benar-benar menarik diri bersama-sama dan akan baik-baik saja selama animasi pendek. Kartun ini berkembang menjadi kabur pendek untuk penonton dari dunia keras depresi, dan kemudian dari Perang Dunia II. Namun, sensor yang kuat dalam periode ini, dan banyak adegan film yang dipotong, bahkan berjalan begitu jauh dengan memotong dan ciuman antara Petunia Porky Pig dalam pendek 1939 (dimana ciuman antara aktor-aktor hidup dapat diterima di era). Kritikus bahkan melangkah lebih jauh dengan humanisme mengkritik berlebihan digambarkan dalam film tahun 1950 Cinderella. Reviewer dari Time dan The Saturday Review majalah kecewa dengan film seperti itu "mewakili jumlah yang sangat besar karakter manusia", merasa bahwa "itu memberikan semacam realisme yang harus asing bagi animasi.
Dari sini, animasi Amerika, atau lebih umum disebut sebagai "kartun", menjadi suatu pelarian dari realisme. Menjadi konservatif "beradab" masyarakat Amerika, kartun penonton utama menjadi anak-anak, karena akan dianggap "kekanak-kanakan" untuk orang dewasa untuk melihat fitur animasi & celana pendek. Tujuan utama dari industri menjadi tidak hanya untuk menjual kursi teater dan tempat-tempat komersial, tetapi juga menjual barang dagangan. Meskipun hal ini mungkin tampak sebagai konsep yang relatif baru dalam masa keemasan ekonomi pada 1990-an, th 5.000.000 arloji Mickey Mouse diproduksi 61 tahun yang lalu, pada tahun 1948. Pada tahun itu saja, diharapkan bahwa "membawa barang wajah karakter Disney akan membawa gross ritel $ 100 juta ".... in 1948. pada tahun 1948. Dewasa ini, sangat langka untuk dapat menyaksikan seluruh episode dari X-Men atau Spiderman tanpa melihat sebuah iklan untuk sebuah action figure tertentu. Hal ini menjadi tujuan utama dari kartun di Amerika, dan aku mengakui menyerah secara pribadi saya sudah hampir 30 Transformers dengan usia 12 tahun, menjadi korban dari perusahaan komersial yang sangat besar yaitu industi kartun. Pada kenyataannya, hampir tidak mungkin untuk menjual action figures hari ini tanpa acara televisi animasi, atau fitur, untuk membantu menjualnya. Akibatnya, kartun telah menjadi 23 menit-iklan lama untuk angka tindakan mereka. Airtime juga penting, karena, dengan pengecualian anak-anak dan kartun jaringan, sebagian besar kartun dapat ditemukan baik pada hari Sabtu pagi, atau di sekolah setelah waktu-slot, dimana anak-anak yang paling mungkin menonton televisi.
Juga umum di animasi pengaruh agama, karena peradaban Barat pada dasarnya merupakan suatu budaya Yudeo-Kristen, di mana kita kebanyakan monoteistik, dan menemukan kenyamanan dalam mendirikan sebuah "baik" dan "buruk". Tema ini hadir di hampir semua seri animasi Amerika, di mana ada "baik" pahlawan / tim, dan ada sebuah "jahat" penjahat / kriminal. Garis membagi dua kuat dan tidak pernah memudar. Tema monoteisme hadir dalam bahwa ada satu "benar" jawaban untuk suatu masalah, satu Kebenaran.
Akhir-akhir ini, beberapa studio Amerika telah memproduksi kartun bertema dewasa, dengan contoh terbaik ini menjadi The Simpsons. Sementara tampaknya mulai sebagai formula komedi situasi keluarga yang animasi, The Simpsons mempertahankan popularitasnya untuk menjadi seperti yang tak terduga seperti animasi, seperti menggunakan payung besar untuk memblokir sinar matahari, atau memiliki berhala muncul pada comeback badut istimewa. Dan selalu ada satu hal yang kita dapat memperoleh penghiburan dalam, dan itu usia yang konsisten karakter. Bart sudah 10 tahun, Lisa telah 8, dan sedikit Maggie telah mengisap dot-nya selama hampir satu dekade. Lebih dewasa bertema kartun muncul di industri media Amerika, terutama King of the Hill, Duckman, dan South Park (yang, secara teknis tidak animasi, tapi masih dibuat menggunakan kardus simulasi komputer-cut-out). Semua seri ini mengolok-olok kehidupan Amerika baik sebagai seorang anak di sebuah kota kecil, atau sebagai keluarga bebek, dalam upaya untuk menghibur para penonton untuk menjual ruang komersial.
Dan ada satu hal yang lazim di hampir semua Ò animasi Amerika itu adalah episodik. Episode setelah episode, kembali karakter utama tidak berubah dan tidak terpengaruh oleh kejadian episode sebelumnya. Selalu mungkin untuk melewatkan sebuah episode di sini dan di sana, atau menonton episode rusak, dan tidak pernah akan hilang.
Singkatnya, animasi Amerika terutama ditujukan pada anak-anak, mempromosikan pandangan Yahudi-Kristen bahwa ada "baik" dan sisi "buruk" sisi, dengan satu "benar" menjawab pada akhirnya. Hal ini episodik sehingga anak-anak akan tidak perlu khawatir ketinggalan episode yang aneh, dan tidak harus mengikuti alur cerita yang kompleks atau pengembangan karakter biasanya hadir dalam seri '. Hal ini dirancang untuk melarikan diri dari realitas dunia yang keras, dari mana kita semua ingin melindungi anak-anak kita.
Di sisi lain, animasi Jepang agak berbeda. Sering disebut sebagai anime (pengucapan ah-knee-mungkin), itu adalah bentuk media massa yang memiliki penonton dari segala usia. Saya melihat itu hanya sebagai kendaraan lain untuk mengirim pesan yang sama dan memberikan hiburan yang sama yang live-action film lakukan, selain mempertimbangkan salah satu genre industri.
Kebanyakan anime berdasarkan manga, versi Jepang dari komik. Penulis membuat cerita-cerita mereka dalam rangkaian gambar diam bahwa, jika strip cukup populer, kemudian dibawa ke kehidupan. Komik strip di Jepang, namun, berasal dari era pasca-Perang Dunia II ketika Amerika strip diimpor ke Jepang. Format ini sangat populer, dan tak lama kemudian penulis Jepang mulai menciptakan strip mereka sendiri. Sementara ada strip mingguan khas menusuk menyenangkan di kehidupan keluarga, strip lain juga menjadi populer yang diikuti orang-orang di perjalanan. Cerita seperti itu, bagaimanapun, adalah kebanyakan serial, di mana pembaca harus membaca setiap strip untuk melacak apa yang terjadi di dalam cerita. Format ini menjadi sukses dalam arti komersial, seperti orang harus terus membeli koran atau majalah berikutnya untuk mengikuti cerita.
Sementara selalu ada banyak imajinasi yang terlibat dalam menciptakan cerita-cerita seperti itu, banyak alur cerita anime menemukan akar mereka di common agama Shinto Jepang. Shinto dapat digambarkan sebagai agama yang tidak teratur, di mana tidak ada satu Allah, tetapi banyak cerita tentang orang-orang luar biasa dan hal-hal yang disembah sebagai dewa. Mana nilai-nilai Kristen-Yahudi sangat tidak menyarankan (meletakkan ringan) hubungan homoseksual dan out-of-nikah kehamilan, satu-satunya kode moral umum dalam Shinto adalah kebersihan. Masyarakat Jepang jauh lebih liberal dalam hal penyensoran dan sikap sosial dari masyarakat Amerika. Dari sini, tidak hanya terdapat banyak cerita animasi yang berkaitan dengan legenda Shinto, tapi banyak cerita yang mengeksplorasi "tabu" (yah, mereka akan tabu dalam pengertian Amerika) hubungan sosial antara orang-orang sebagai akibat dari masyarakat yang berakar pada Shinto.
Tema lain datang dari perbedaan agama ini adalah bahwa kematian itu sendiri sering ditampilkan dalam anime. Tidak hanya dalam karakter aneh yang ditambahkan untuk efek, seperti Star Trek dan mereka "phaser umpan", tetapi Jepang terkejut penonton tidak pernah menemukan favorit mereka membunuh karakter utama. Hal ini karena kematian terhormat dalam Shinto, terutama jika ada tujuan mulia di salah satu kematian. Contoh ini akan menjadi pilot kamikaze Perang Dunia II, yang dianggap terhormat pengorbanan dalam arti bahwa mereka berusaha untuk mengambil lebih dari musuh dalam suatu manuver. Perasaan Barat dalam masyarakat, bagaimanapun, adalah bahwa kematian itu harus dihindari di semua biaya, dan karenanya menjadi "tabu" subjek dalam media kita.
Salah satu pendorong utama di balik popularitas animasi Jepang adalah seberapa luas materinya. Ada serial samurai pengembara, ruang petualangan, komedi slapstick, dan bahkan opera sabun. Meskipun tidak sepenuhnya realistis dalam menggambarkan kehidupan di Jepang, banyak seri yang menggambarkan karakter manusia dan kehidupan mereka, tetapi lebih sebagai pelampiasan fantasi penonton. Hal lain yang saya temukan menarik adalah bahwa rangkaian premis tidak pernah jelas, dan akan hampir selalu memiliki semacam detail aneh untuk pergi bersama dengan cerita yang tampak normal. Salah satu contoh, sebuah seri komedi-roman yang disebut Orange Road Kimagure berfokus pada cinta segitiga yang berkembang antara seorang remaja laki-laki dan dua sahabat perempuan. Yang aneh mengenai cerita ini adalah bahwa remaja laki-laki dan keluarganya memiliki kekuatan ESP. Cerita ini unsur Namun, bukanlah fokus utama cerita, tetapi digunakan sebagai wahana untuk mengisi cerita, menyediakan beberapa bahan untuk pengembangan karakter, dan bahkan memberikan bantuan pada saat komik ketegangan. Twist plot aneh lain hadir dalam seni bela diri-seri petualangan Ranma á di mana karakter utama menjadi terkutuk di episode pertama saat ia menjadi seorang wanita ketika disiram dengan air dingin.
Seperti disebutkan di atas, banyak anime hanya itu, seri. Dengan alur cerita yang terus-menerus, dengan plot twists dan pengembangan karakter, dan menurut pendapat saya, membuat mereka lebih menarik untuk diamati. Si pengamat tidak dapat hanya duduk diam dan mengharapkan karakter untuk semua akan sama seperti episode sebelumnya, dan mungkin kehilangan sesuatu jika mereka gagal untuk menangkap sebuah episode atau dua. Ada beberapa seri pilih yang episodik, dan cukup menghibur, tetapi yang lebih populer adalah mereka yang menunjukkan cengkeraman para penonton dari awal sampai akhir.
Juga berakar pada Shinto, banyak seri tidak pernah jelas menarik garis antara "baik" dan "jahat". Karakter sering beralih dari satu sisi ke sisi lain, beberapa karakter dapat keduanya, dan beberapa karakter dapat keduanya. Sebuah motif karakter mungkin "baik", tetapi metode mereka adalah "jahat", dan sebaliknya. Hal ini juga memungkinkan untuk memiliki dua belah pihak hadir dalam pertempuran, dengan tidak menjadi "baik" atau "buruk". Ini menebak titik lain minat animasi Jepang.
Desain karakter sangat berbeda dalam anime ini sangat berbeda dari kartun Amerika. Banyak karakter dalam bentuk manusia, sebagai lawan dari binatang atau robot sering hadir dalam film kartun. Animasi Jepang, Namun, biasanya menggunakan desain wajah sederhana untuk membedakan karakter segera. Karakter emosional yang lebih cenderung memiliki mata yang lebih besar, hidung kecil, dan mulut kecil. Yang "orang jahat" dari cerita ini sering digambar dengan mata yang lebih kecil, dan mulut yang lebih besar (sering digunakan untuk gila tawa, dalam hal ini mulut yang lebih besar memiliki efek yang lebih besar). Warna rambut sering liar di anime juga. Rentang warna dari hitam menjadi merah muda untuk pirang ke biru. Teknik ini digunakan lebih untuk membedakan antara karakter daripada ciri-ciri kepribadian, meskipun sangat sering karakter dengan rambut pirang lebih "jahat" dalam motif dari sisa karakter.
"Tapi saya pikir itu semua seks dan kekerasan?". Ini adalah pendapat dimiliki oleh kebanyakan orang Amerika tentang masalah animasi Jepang. Tapi itu sama dengan mengatakan bahwa televisi Amerika hanya terdiri dari opera sabun dan tak bermutu talk show jika Anda membatasi lihat untuk siang hari televisi. Pendapat ini hasil dari fakta bahwa sebagian besar perusahaan yang menerjemahkan dan mendistribusikan anime ke Amerika pada awalnya hanya serial impor mereka berpikir akan menjualnya dengan kerumunan orang dewasa, seri yang melibatkan seks dan / atau kekerasan. Aku harus mengakui, aku dulu punya pendapat ini juga. Setidaknya, sampai aku menjadi besar terkena "bawah tanah" yang dikenal masyarakat sebagai fansubbing. Selama beberapa tahun terakhir, sejumlah kecil sangat murah hati Amerika telah mengimpor rekaman video dan laser disc dari seri anime tidak (belum) lisensi untuk distribusi di Amerika. Mereka terutama seri impor yang menarik bagi khalayak umum dengan alur cerita yang mengalir dan pembangunan karakter. Alasan utama mengapa judul-judul ini tidak (belum) lisensi untuk distribusi di Amerika adalah bahwa sebagian dari seri ini berjalan lebih dari lima puluh episode panjang, dan distributor Amerika takut kehilangan uang pada rangkaian panjang perasaan bahwa dukungan kipas pada akhirnya akan tumbang. Fansuber kemurahan hati yang berasal dari menghabiskan berjam-jam, berhari-hari, kadang-kadang minggu menerjemahkan dan Subtitling materi dan memberikan itu kepada penggemar di biaya pengiriman plus rekaman. Ya, ini secara teknis ilegal, namun kode etik yang kuat hadir di mana tidak ada seorang pun akan mengasosiasikan dirinya sendiri dengan rangkaian yang telah diakuisisi oleh perusahaan Amerika untuk distribusi. Bahkan, banyak produsen Jepang melihat ini bukan sebagai komunitas bawah tanah sekelompok penyelundup minuman keras, tetapi lebih sebagai sekumpulan konsumen baru dan tak terduga yang berhubungan dengan barang dagangan seperti mainan, stationary, dan musik CD (Menjual menunjukkan bahwa lebih penting barang dagangan seperti setiap Seri ini kemudian dirilis pada laser disk dan video kaset). Masyarakat Jepang juga melihat itu sebagai suatu cara untuk mempromosikan pertukaran budaya di dunia Barat, berharap mereka dapat tetap berhubungan dengan orang Amerika dari warisan Jepang serta menjangkau kita semua. Yang menarik, perusahaan terbaru untuk melompat ke atas distribusi anime kereta musik adalah Disney sendiri. Mereka baru-baru ini memperoleh lisensi untuk mendistribusikan semua fitur-judul panjang yang dihasilkan oleh legendaris (di Jepang) Studio Ghibli, semua diarahkan oleh legendaris (di Jepang) Hayao Miyazaki. Judul pertama akan dibebaskan, melalui Buena Vista Home Video awal September, adalah Kiki's Delivery Service, yang datang dari-usia-cerita tentang seorang penyihir yang melakukan perjalanan ke kota besar untuk menemukan tujuan hidup-nya. Ini adalah kisah hati ringan, cocok dengan ideologi Disney baik. Namun, kedua mereka rilis, dijadwalkan untuk awal 1999, adalah Princess Mononoke. Meskipun saya belum melihat halaman ini, saya telah mendengar banyak tentang hal ini. Hal ini, seperti yang aku bilang, sebuah kisah yang berpusat di lingkungan sekitar yang melibatkan beberapa kekerasan, banyak tindakan, dan membawa pesan yang kuat. Seperti film ini tidak akan cocok dengan "Disney" name, itu akan dirilis melalui Miramax Films, sebuah anak perusahaan Disney. Tapi kenyataannya tetap, perusahaan Amerika besar dikenal sebagai Disney membeli untuk budaya Jepang.
Seperti banyak orang Amerika lainnya, seperti terlihat dalam pertumbuhan eksponensial anime industri distribusi dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan memperoleh iman dalam seri lagi, memproduksi lebih dari satu seri pada satu waktu, dan mengimpor lebih baru judul. Masih ada satu kendala utama kiri, bagaimanapun, dan itu adalah penetrasi TV. Saat ini, hanya Sailor Moon dan Dragon Ball cukup banyak satu-satunya seri Jepang televisi Amerika. Ini sangat mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa penonton ditargetkan mereka sama dengan sisa kartun Sabtu pagi, dan Tokyo bisa saja menjadi nama sebuah tanah fantasi untuk anak-anak. Namun, racier kartun Amerika seperti The Simpsons telah membuka pikiran Amerika dengan kekuatan imajinatif dan potensi animasi. Mungkin suatu hari nanti akan anime secara umum diterima sebagai bentuk hiburan di Amerika, dan tidak lagi terbatas pada mahasiswa dan konvensi komik.

Sumber :
- Lorimer, Rowland dan McNulty, Jean. Massa Komunikasi Dalam Kanada. Oxford University Press, Toronto CANADA, 1996.
- Smoodin, Eric. Animating Budaya: Hollywood Kartun dari Sound Era. Rutgers University Press, New Jersey USA, 1993.
- Levi, Antonia. Samurai from Outer Space: Memahami Animasi Jepang. Open Court Publishing, Chicago USA, 1996.

1 komentar:

LupherbLueNiz mengatakan...

Opini :
menurut saya animasi jepang & animasi amerika, mempunyai kelebihan & kekurangn tersendiri dalam pencapaian tujuannya. Animasi amerika lebih difokusan untuk anak-anak sedangkan animasi jepang yang rata-rata ceritanya diambil dari komik-komik jepang ditujukan untuk semua kalangan. Mungkin hal ini dikarenakan perbedaan budaya & tujuan dibuatnya animasi. Animasi Amerika ditujukan hanya untuk menghibur tanpa menekan pikiran anak-anak dengan realita yang sebenarnya & animasi amerika juga menyampaikan makna kejadian “buruk” dan “baik” dalam suatu peristiwa & yang pasti yang baiklah yang akan menang. Tapi bukan berarti animasi jepang tidak bersifat menghibur. Hanya saja animasi jepang menggambarkan sesuatu yang bersifat “tabu” bagi animasi amerika. Ini dikarenakan Jepang menganut agama shinto yang bersumber pada dewa-dewa.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar