Selasa, 24 November 2009

Jadilah Dirimu Sendiri

Usaha mecari jati diri memang mirip petualangan menjelajahi Labirin. Soalnya kita harus melewati beberapa proses pertumbuhan kita untuk menjadi diri kita sendiri. Rasa senang dan bahagia bisa timbul kapan saja tanpa kita rencanakan. Entah itu sekarang, esok, atau lusa. Seringkali rasa bahagia yang kita rasakan tergantung sama suasana yang ada disekitar kita. Padahal, untuk merasa bahagia kita tidak mesti selalu begitu. Jadilah diri sendiri, apa adanya, karena kita Jadi :

Tidak mudah Terpengaruh
Kalau ada yang memberi komentar buruk sama kita, kadang bisa jadi masukan atau malah buat kita jadi tidak percaya sama diri sendiri. Misalnya ada yang berkomentar tentang cara berpakaian kita lalu membandingkannya dengan cara berpakaian orang lain. Jangan ditanggapi jika itu hanya membuat kita jadi resah dan gelisah. Dan ingat belum tentu juga cara berpakaian orang lain itu mencerminkan kepribadian kita.

Punya banyak teman
Salah satu ciri khas orang yang menjadi dirinya sendri adalah dengan menjalani hidup apa adanya tanpa ada rasa “jaim” sedikitpun. Jadi siapun orang yang berada disisi kita mera nyaman karma sifat kita yang easy going. Orang yang easy going akan tenang hatinya karena terbebas dari pikiran-pikiran buruk tentang komentar negative dari orang lain.

Cara cepat jadi diri sendiri :
1.Bercerminlah dengan memikirkan apa saja yang telah kita perbuat hari ini. Apakah itu sudah benar atau belum. Jujurlah pada diri sendiri setiap kali timbul sebuah pertanyaan.
2.belajar memahami dan mengerti perasaan orang lain. Dengan begitu kita akan lebih peka dengan lingkungan kita dan tidak egoiz.
3.mencoba menulis diary, dengan begitu perasaan kita bisa tersalurkan, dengan begitu kita bisa lebih tahu siapa diri kita.
4.tidak selalu mengikuti tren, baik didalam bergaya maupun perfikir. Terima saja apa adanya diri kita. Tidak apa-apa menjadi orang yang “beda” selama itu dalam batas normal.

Memang jadi diri sendiri itu tidak mudah. Butuh banyak pengorbanan dan sikap keras kepala karna pada umumnya kita masih suka terpengaruh dengan apa yang ada disekeliling kita. Tapi hasil yang diperoleh dari menjadi diri sendiri lebih bermanfaat karna dengan menjadi diri sendiri, rasa gelisah, marah atau sedih akan hilang dengan sendirinya. Dan kita juga bisa lebih percaya diri dalam mengambil suatu keputusan yang kita ambil. Selamat mencoba menjadi diri sendiri .

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar